Nus Ghani, Wanita Pertama Muslim Tampil di Majelis Rendah Inggris

DT0leVhWkAEW1k4-1Nus Ghani menjadi perempuan Muslim pertama yang berbicara di mimbar di Majelis Rendah parlemen, Inggris.

Belum lama ini ditunjuk sebagai asisten menteri transportasi, Ghani disambut meriah saat menjawab pertanyaan tentang akses untuk orang-orang difabel di stasiun-stasun kereta.

Ghani, anggota parlemen mewakili Wealden sejak tahun 2015.

Menteri Transportasi Chris Grayling mengatakan bahwa promosi Nus Ghani membuktikan bahwa Partai Konservatif ‘adalah sebuah partai tentang kesempatan,’ yang juga telah memunculkan perdana menteri perempuan pertama.

“Kami adalah partai untuk memunculkan… perempuan Muslim pertama yang berbicara dari mimbar pemerintah di parlemen,” katanya.

“Saya mengucapkan selamat kepadanya – saya sangat bangga duduk di sampingnya.”

Ghani, 45, sebelumnya bekerja untuk berbagai lembaga bantuan sosial dan sempat pula bekerja di BBC World Service sebelum maju sebagai kandidat Partai Konservatif untuk pertama kalinya dalam pemilihan umum 2010 untuk wilayah pemilihan Birmingham.

Baca:

Amena Khan, Wanita Berjilbab Pertama Jadi Bintang Iklan Perawatan Rambut Internasional

Profil

Ghani, yang lahir di Birmingham dari orang tua yang bermigrasi dari Kashmir yang diduduki Pakistan.

Pria berusia 45 tahun itu ditunjuk sebagai Wakil Parlementer di Departemen Transportasi oleh Perdana Menteri Inggris Theresa May sebagai bagian dari perombakan Tahun Baru pekan lalu.

MP Partai Konservatif dari Wealden juga diberi asisten cambuk pemerintah dalam perombakan untuk mengawasi disiplin partai.

“Perannya adalah kesempatan yang menggairahkan dan menantang … Transportasi adalah topik yang telah saya kategorikan dengan penuh semangat sejak terpilih sebagai anggota parlemen untuk Wealden. Di samping tugas menteri saya, saya akan terus menjadi suara yang kuat untuk Wealden dan memberikan untuk saya konstituen, “kata Ghani dalam sebuah pernyataan.

Menteri yang bertanggung jawab atas departemennya, sekretaris transportasi Chris Grayling, mengatakan bahwa promosi Ghani membuktikan bahwa Tories “adalah sebuah partai kesempatan”.

“Kami adalah partai untuk memberikan … menteri wanita Muslim pertama yang berbicara dari kotak pengiriman pemerintah – anggota untuk Wealden. Saya mengucapkan selamat kepadanya – saya sangat bangga duduk di sampingnya,” katanya.

Ghani bekerja untuk badan amal seperti Age UK dan Terobosan Kanker Payudara serta BBC World Service sebelum pertama kali berdiri sebagai kandidat Partai Konservatif di Birmingham dalam pemilihan umum 2010.

Pada tahun 2015, dia menjadi kandidat wanita Muslim Konservatif pertama yang terpilih menjadi anggota Parlemen.

Setelah pemilihan singkat pada bulan Juni 2017, dia membuat sejarah setelah dia mengulangi sumpah setianya kepada Ratu Elizabeth II di Urdu saat dia dilantik menjadi anggota Parlemen.

“Motivasi saya sederhana, orang tua saya sangat bangga karena saya telah terpilih untuk menjadi anggota parlemen dan saya ingin menghormati ibu saya dengan berbicara dalam bahasa yang dia mengerti dan bahasa ibu saya,” katanya pada saat itu.

Segera setelah itu, dia ditunjuk sebagai Sekretaris Parlemen untuk Kantor Rumah Tangga Inggris.

Kenaikannya yang cepat di pemerintahan Theresa May dipandang sebagai bagian dari tujuan Perdana Menteri Inggris untuk menjauh dari kabinet laki-laki berusia setengah baya putih.

Sumber: BBC